Tuesday, April 3, 2012

Desain mandiri : filosofi Indonesia

saya mau bicara tentang salah satu karya saya di awal tahun 2012.

waktu itu, sekitar bulan Februari di awal tahun 2012, saya mendapatkan kesempatan untuk ikut Lomba Desain Kaos Mandiri, yang diadakan oleh website KDRI (Kementrian Desain Republik Indonesia) -__-" yang pada waktu itu dimaksudkan karena saya ikut dalam kepanitiaan Gelar Budaya Aceh (acara satu unit seni budaya yang saya ikuti dikampus) dan apabila saya menang, dananya dapat membantu sponsorship dari acara tersebut.

meski akhirnya tidak menang, tapi setidaknya saya mendapat pengalaman dan dapat lebih menyusun strategi lebih banyak lagi. Dan dalam pembuatan desain ini memang agak mepet waktunya, sehingga mungkin saya kurang begitu maksimal.

Tema yang disongsong waktu itu : Eksotika Indonesia

ini contoh desain yang akhirnya saya kirim tapi tidak menang :p

Desain kaos mandiri yang akhirnya dikirim.
nah terus mungkin ada yang bingung ini maksudnya apa, karena ini memang agak keburu-buru, jadi memang kurang jelas mungkin maksudnya apa. Saya akan bercerita sedikit tentang elemen-elemen khas Indonesia yang ada pada desain kaos ini, walaupun simple dan terlihat mudah :p

1. Figur gadis Bali, yang memang kesannya Indonesia banget lah. 

"Loh emang Indonesia cuma Bali?" bukan, sosok gadis bali disini hanya dipilih untuk mewakili, dan kebetulan memang sangat mengekspos unsur keeksotikan Indonesia. Dengan juga ciri khas rambut panjang hitam, dan bunga kamboja putih di telinga. Siapapun dari negara manapun pasti udah tau, oh ini pasti Indonesia maksudnya.

2. Elemen-elemen yang mewakili khas kota di Indonesia.

monas, khas Jakarta yang pasti banget semua orang tau itu simbol ibukota, dan khas Jakarta banget. Pura yaitu tempat peribadatan umat Hindu khas Bali. Di depan pura mungkin agak kurang jelas kali ya itu apa. Tapi pada kenyataannya maksudnya saya mau gambar Kendang sodara. Kendang atau Gendang, alat musik universal yang hampir dipakai di seluruh rangkaian musik nusantara, mulai dari Sumatera sampai papua. Meskipun gendangnya beda-beda, ada yang diberi nama marwas, kedumba, tifa, gendang, dan sebagainya.
(pada next posting mungkin saya bakal bahas gendang juga) lalu bunga rafflesia arnoldi, yang termasuk bunga khas Bengkulu, yang juga terkenal sebagai ciri khas Indonesia. dan ada Burung Enggang dari Kalimantan, dan elemen Sumatera disini ada Rumah Gadang.

3. Motif Parang Rusak, motif batik yang saya pakai pada hiasan kepala si wanita

ini dia motif yang akhirnya terpilih, motif parang
dari awalnya saya studi dulu, mana yang pantas. dan akhirnya saya berhasil tracing beberapa ragam hias yang saya temukan dan saya anggap bagus :
motif kain Bali atau batik Bali
hasil setelah ditracing dengan photoshop
motif ukiran dayak setelah ditracing

hmmm saya banyak belajar disini, kekurangan dari desain ini *setelah menelaah desain yang menang dan desain lain* masih banyak banget lah ya tentunya. Tapi mungkin ini perlu digarisbawahi 

"Belum mewakili keseluruhan dari Indonesia"

yap, mungkin pengetahuan budaya saya masih terlalu terbatas sehingga cuman tau hal-hal seperti yang saya gambarkan pada desain ini. Banyak juga daerah yang belum terwakili. Sulawesi misalnya. Irian Jaya, Maluku, dan Nusa Tenggara. kita ga mau kan tau Indonesia cuma Bali, Batik, Wayang? hehehe

oke sekian postingan tentang desain ini. mudah-mudahan bermanfaat. Saya akan kembali dalam posting lainnya. terimakasih :)


No comments:

Post a Comment