Tuesday, April 3, 2012

wanita berjilbab dan representasi Indonesia

Bismillah, ini bukan postingan bermaksud apa-apa. hanya dorongan dan motivasi saja :)

jaman sekarang memang marak dan banyak wanita berjilbab yang ada, dan apalagi maraknya komunitas-komunitas wanita berjilbab dan fashion-fashion hijab yang ada dimana-mana. Jilbab sekarang mulai menjadi tren fashion, sehingga yang tadinya tidak pede bisa tampil cantik dengan jilbab, kini sudah bisa bernafas lega dan makin banyak wanita mantap berhijab.

Rupanya, maraknya orang-orang berjilbab pada jaman sekarang memang banyak dikritisi oleh sebagian orang, dan malah banyak orang yang memandang kalau sekarang hijab adalah tren. Tidak bermaksud menyinggung siapapun, namun banyak orang mengatakan bahwa banyak orang berhijab sekarang tidak sungguh-sungguh melainkan karena trend, dan banyak yang mengatakan evolusi jilbab modern juga termasuk pengaruh akulturasi budaya yang sama sekali tidak merepresentasikan citra wanita Indonesia.

Wanita Indonesia.

ya, citra yang kerapkali tidak asing di pikiran kita, kita akan membayangkan gadis berkulit sawo matang, berambut panjang dengan kebaya putih/kain jarik/kain bali, dengan bunga kamboja kecil di telinganya. kulit sawo matang dengan menunjukkan Ia tengah bekerja sampai terbakar matahari, dan barangkali menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara tropis.

contoh representasi wanita Indonesia yang saya tahu ya :

diambil dari iklan merk kosmetika ternama.
gatau ini darimana, gw nemu aja


Bukannya saya pengennya ikonnya emg yang berjilbab ya, tapi mbok ya jilbab jangan dijadikan halangan untuk merepresentasikan cewek Indonesia. ya sebenernya jilbab ga jilbab ga jadi masalah, tapi banyaknya yang saya dengar sekarang pada mematok standard kalau "yang berjilbab tu ga Indonesia banget." "yang berjilbab ga cocok Indonesia banget." "cewek Indonesia yang Indonesia banget kan yang rambut panjang, mana ada yang berjilbab" dan generalnya adalah

"cewek berjilbab gak bisa merepresentasikan ke-Indonesiaan" atau "cewek berjilbab bukan cewek Indonesia banget, ga cocok."

kalau pendapat seperti ini saya sama sekali tidak setuju.


Indonesia, negara muslim yang besar, justru wanita-wanita berhijabnya kini juga harus unjuk gigi. Kita bisa merepresentatifkan Indonesia kok! bukan diskriminasi ke yang enggak pake jilbab loh, sama saja semuanya. Tapi kita semua berjilbab ataupun enggak sama-sama wanita Indonesia! kita semua punya hak dan kewajiban yang sama kepada negeri kita! Ya makanya kalau saya punya duit mah saya mau bikin clothingline yang berbau nusantara untuk orang-orang berjilbab juga, kan jarang-jarang tuh :)

tips buat orang-orang berjilbab, jangan malu eksplorasi!!! sandang asli Indonesia ga harus terbuka kok, jangan ragu untuk mengadaptasi ragam hias, corak tenun, warna, dan potongan pakaian adat yang bisa diaplikasikan ke busana muslim! dan jangan pernah malu untuk unjuk gigi dengan mempelajari kebudayaan Indonesia seperti belajar tari Bali atau tari Jawa! masih ada tarian lain pula yang juga kondusif untuk orang-orang berhijab seperti tari Piring, Zapin, dan Ranup Lampuan. Ayo hijabers Indonesia saatnya unjuk gigi! tunjukkan kalau kita semua cinta budaya Indonesia <3

iseng dengan kegatelan ini, akhirnya simak keisengan saya di post berikutnya. :)


No comments:

Post a Comment